PERALATAN ATAU PERLENGKAPAN KANTOR (XI)

PERALATAN ATAU PERLENGKAPAN KANTOR (OFFICE SUPPLIES)

A. Analisis Peralatan/ Perlengkapan Kantor

    Perkembangan teknologi semakin pesat menuntut setiap organisasi dalam perkantoran diharuskan mengikuti perubahan-perubahan yang telah ditentukan . Organisasi perkantoran harus mampu mengetahui sumber yang bisa dijadikan suatu keunggulan dalam melakukan pekerjaan kantor. Kegiatan perkantoran telah menerapkan berbagai peralatan kantor dalam pekerjaan yang beralih fungsi menggunakan Manual berpindah pada yang lebih modern menjadi serba otomatis dengan menggunakan perlatan secara mekanis.

     Terdapat beberapa pengertian menurut Para Ahli diantaranya:

1. Menurut Kamus KBBI Peralatan kantor adalah Sesuatu yang bisa dipakai sebagai alat yanng mencapai maksud dan tujuan.

2. Menurut Th]e Liang Gie Peralatan kantor adalah benda yang dipakai dan habis dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.

3. Menurut Ensiklopedia Peralatan Kantor adalah Seluruh Benda yang digunakan untuk membantu kelancaran tugas-tugas tata usaha yang terdiri atas Perabot Kantor,Mesin Kantor, Perbekalan Kantor, dan Hiasan Kantor.

Dapat disimpulkan dari Peralatan atau Perlengkapan kantor adalah alat yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan dengan lebih cepat dan lebih tepat. Peraalatan atau Perlengkapan memiliki fungsi umtuk membantu dan mendukung dalam penyelesaian pekerjaan di kantor. 

    Kegunaan Peralatan Kantor sebagai berikut:

1. Untuk menunjang Aktivitas Pekerjaan Kantor.
2. Untuk mempermudah dan meproses pelaksanaan  kegiatan kantor.
3. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, baik dan memuaskan.

B. Jenis- jenis Peralatan atau Perlengkapan Kanto

    1. Peralatan atau Perlengkapan berbentuk Lembaran

            a. Kertas HVS




            b. Kertas Folio Bergaris

            c.  Kertas Karbon dan Kertas Stensil

                    d.  Formulir

                        e.  Kertas berkop


                        f.  Kertas Buffalo


                                g.  Amplop


                            h.  Map

                 i Plastik Transparan

    2. Peralatan atau Perlengkapan kantor berbentuk Nonlembaran

            a.  Alat Tulis Kantor : Pulpen,  Pensil, Penghapus, Rautan, Kertas,  Stapler
           b.  Pembuka Surat : Gunting,  Pisau Cutter, Pembuka surat (Letter Opener)

            c.  Stempel 
            d.  Perlengkapan Meja : desk Tray,  kalender meja,  sandaran buku

   3. Peralatan atau Perlengkapan berbentuk Buku
    

            a.  Buku Bloknote
            b.  Buku Tamu
            c.  Buku Tahunan
                d. Kamus
        e.  Buku Agenda

    4. Peralatan atau Perlemgkapan kantor berdasarkan Penggunaannya


           a.  Barang Habis Pakai 

               Baranga habis pakai adalah barang yang penggunaannya hanya satu kali. 

           b.  Barang Tidak Habis Pakai

                Barang Tidak habis pakai adalah Barang yang penggunanya tahan lama. 

           c.  Barang Bergerak

                Barang bergerak adalah Barang yang bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

          d.  Barang Tidak Bergerak

               Barang tidak bergerak adalah barang yang tidak bisa dipindahkan atau relatif sulit dipindahkan. 

 C. Tata Cara memilih Peralatan atau Perlengkapan Kantor

        1. Tujuan penggunaan peralatan yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan.
        2. Menganalisis kebutuhan.
        3. Memperhatikan efisiensi dan efektivitas  dari perlatan yang dibeli.
        4. Memperhatikan penempatan peralatan.
        5. Mempertimbangkan biaya operasional.
        6. Kemudahan dalam menggunakan perlatan atau perlengkapam kantor sesuai dengan pekerjanya. 




Aktivitas Kelompok

1. Buatlah sebuah simulasi seakan-akan Kelompok Anda hendak mendirikan perusahaan Tentukan jenis perusahaan.               yang  akan didirikan?
2. Buatlah daftar Perlaatn atau Perlengkapan perusahaan kelompok!

 

Studi Kasus

Melihat betapa pentingnya Perakatan atau perlengkapan kantor,  akan sangat baik jika perusahaan teliti dalam memilih dua hal. Perusahaan tidak harus membeli peralatan dan perlengkapan kantor yang menguras biaya, melainkan cukup dengan kebutuhan Perusahaan.  Uraikan faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih peralatan kantor.

    




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengadaan Sarana dan Prasarana

NORMA, STANDAR, PROSEDUR DAN KAIDAH KEARSIPAN

SURAT MASUK AGENDA DAN KARTU KENDALI