SILABUS

                                                                                                                                                                                                      DOWNLOAD



SILABUS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                : SMK .........

Bidang Keahlian            : Bisnis dan Manajemen

Program Keahlian          : Administrasi Perkantoran

Kompetensi Keahlian     : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)

Mata Pelajaran               : Otomatisasi Tata Kelola Keuangan

Durasi (Waktu)              : 420 JP (@ 45 Menit

KI-3 (Pengetahuan)        : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)       : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3..1.    Memahami ruang lingkup administrasi keuangan

4.1.      Mengelompokkan ruang lingkup administrasi keuangan

3.1.1  Menjelaskan pengertian Administrasi Keuangan

3.1.2  Mengidentifikasifungsi administrasi keuangan

3.1.3  Menguraikantujuan administrasi keuangan

3.1.4  Mengemukakan dasar administrasi keuangan.

Administrasi Keuangan

1.    Pengertian administrasi keuangan

2.    Fungsi administrasi keuangan

3.    Tujuan administrasi keuangan

4.    Dasar pengelolaan administrasi keuangan

 

12

·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang  administrasi keuangan

·         Mengumpulkan data tentang administrasi keuangan.

·         Mengolah data tentang administrasi keuangan

·         Mengomunikasikan konsep administrasi keuangan

Pengetahuan :

·         Tes tertulis

·         Penugasan

 

Keterampilan :

·         Unjuk kerja

 

 

4.1.1    Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi keuangan

4.1.2    Melakukan pengelompokkanruang lingkup administrasi keuangan

3.2.       Memahami kebijakan pengelolaan keuangan

4.2.       Melakukan pengelompokkan kebijakan pengelolaan keuangan

 

 

 

3.2.1  Menjelaskan dasar kebijakan pengelolaan Keuangan

3.2.2  Mengidentifikasimacam-macam kebijakanpengelolaan keuangan

3.2.3  Mengemukakanmaksud dan tujuan kebijakan pengelolaan keuangan

Kebijakan Pengelolaan Keuangan

1.    Dasar kebiakan pengelolaan keuangan

2.    Macam-macam peraturan tentang pengelolaan keuangan

3.    Maksud dan tujuan kebijakan pengelolaan keuangan

12

·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kebijakan pengelolaan keuangan.

·         Mengumpulkan data tentang kebijakan pengelolaan keuangan.

·         Mengolah data tentang kebijakan pengelolaan keuangan.

·         Mengomunikasikan konsep kebijakan pengelolaan keuangan.

Pengetahuan :

·         Tes tertulis

·         Penugasan

 

Keterampilan :

·         Unjuk kerja

 

 

4.2.1.  Melakukan identifikasi kebijakan pengelolaan keuangan

4.2.2.  Melakukan pengelompokkankebijakan pengelolaan keuangan

 

3.3.       Menerapkan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja

4.3.       Menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja

3.3.1.  Menjelaskan pengertian anggaran pendapatan dan belanja

3.3.2.  Mengidentifikasi fungsi anggaran pendapatan dan belanja

3.3.3.  Menjelaskan aliran kas masuk

3.3.4.  Menjelaskan kas keluar

3.3.5.  Mengemukakan prosedur penyusunan anggaran pendapatan dan belanja

4.3.1.  Melakukan identifikasi kebutuhan anggaran pendapatan dan belanja yang tersedia

4.3.2.  Mengumpulkan kelengkapan sumber-sumber daya penyusunan anggaran pendapatan dan belanja

4.3.3.  Menyusun anggaran pendapatan dan belanja sesuai dengan tuntutan kebutuhan kerja

4.3.4.  Membuat dokumen anggaran pendapatan dan belanja sesuai dengan tuntutan kebutuhan kerja dengan menggunakan aplikasi komputer otomatisasi)

Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja

1.    Pengertian Anggaran Pendapatan dan Belanja

2.    Fungsi Anggaran Pendapatan dan Belanja

3.    Aliran kas masuk (cash inflow)

4.    Aliran kas keluar (cash outflow)

5.    Prosedur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja

6.    Pembuatan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja

24

·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.

·         Mengumpulkan data tentang penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.

·         Mengolah data tentang penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.

·         Mengomunikasikan konsep penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.

 

Pengetahuan :

·         Tes tertulis

·         Penugasan

 

Keterampilan :

·         Unjuk kerja

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengadaan Sarana dan Prasarana

NORMA, STANDAR, PROSEDUR DAN KAIDAH KEARSIPAN

SURAT MASUK AGENDA DAN KARTU KENDALI