SILABUS
SILABUS MATA
PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK .........
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian :
Administrasi Perkantoran
Kompetensi Keahlian :
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)
Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
Durasi (Waktu) : 420 JP (@ 45 Menit
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasitentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata
Kelola Perkantoran pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan
Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
3..1. Memahami ruang
lingkup administrasi keuangan 4.1. Mengelompokkan
ruang lingkup administrasi keuangan |
3.1.1 Menjelaskan pengertian Administrasi
Keuangan 3.1.2 Mengidentifikasifungsi administrasi
keuangan 3.1.3 Menguraikantujuan administrasi keuangan 3.1.4 Mengemukakan dasar administrasi keuangan. |
Administrasi Keuangan 1. Pengertian administrasi keuangan 2. Fungsi administrasi keuangan 3. Tujuan administrasi keuangan 4. Dasar pengelolaan administrasi keuangan |
12 |
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang administrasi keuangan ·
Mengumpulkan
data tentang administrasi keuangan. ·
Mengolah
data tentang administrasi keuangan ·
Mengomunikasikan
konsep administrasi keuangan |
Pengetahuan : ·
Tes
tertulis ·
Penugasan Keterampilan : ·
Unjuk
kerja |
|
4.1.1 Melakukan identifikasi ruang
lingkup administrasi keuangan 4.1.2 Melakukan
pengelompokkanruang lingkup administrasi keuangan |
||||
3.2. Memahami kebijakan
pengelolaan keuangan 4.2. Melakukan
pengelompokkan kebijakan pengelolaan keuangan |
3.2.1 Menjelaskan dasar kebijakan pengelolaan
Keuangan 3.2.2 Mengidentifikasimacam-macam kebijakanpengelolaan
keuangan 3.2.3 Mengemukakanmaksud dan tujuan kebijakan pengelolaan
keuangan |
Kebijakan Pengelolaan Keuangan 1. Dasar kebiakan pengelolaan keuangan 2. Macam-macam peraturan tentang pengelolaan
keuangan 3. Maksud dan tujuan kebijakan pengelolaan keuangan |
12 |
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kebijakan pengelolaan
keuangan. ·
Mengumpulkan
data tentang kebijakan pengelolaan keuangan. ·
Mengolah
data tentang kebijakan pengelolaan keuangan. ·
Mengomunikasikan
konsep kebijakan pengelolaan keuangan. |
Pengetahuan : ·
Tes
tertulis ·
Penugasan Keterampilan : ·
Unjuk
kerja |
|
4.2.1. Melakukan identifikasi
kebijakan pengelolaan keuangan 4.2.2. Melakukan pengelompokkankebijakan
pengelolaan keuangan |
||||
3.3. Menerapkan
penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja 4.3. Menyusun
Anggaran Pendapatan dan Belanja |
3.3.1. Menjelaskan pengertian
anggaran pendapatan dan belanja 3.3.2. Mengidentifikasi fungsi
anggaran pendapatan dan belanja 3.3.3. Menjelaskan aliran kas
masuk 3.3.4. Menjelaskan kas keluar 3.3.5. Mengemukakan prosedur
penyusunan anggaran pendapatan dan belanja 4.3.1. Melakukan identifikasi
kebutuhan anggaran pendapatan dan belanja yang tersedia 4.3.2. Mengumpulkan
kelengkapan sumber-sumber daya penyusunan anggaran pendapatan dan belanja 4.3.3. Menyusun anggaran
pendapatan dan belanja sesuai dengan tuntutan kebutuhan kerja 4.3.4. Membuat dokumen
anggaran pendapatan dan belanja sesuai dengan tuntutan kebutuhan kerja dengan
menggunakan aplikasi komputer otomatisasi) |
Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja 1. Pengertian Anggaran Pendapatan dan Belanja 2. Fungsi Anggaran Pendapatan dan Belanja 3. Aliran kas masuk (cash inflow) 4. Aliran kas keluar (cash outflow) 5. Prosedur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan
Belanja 6. Pembuatan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja |
24 |
·
Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penyusunan anggaran
pendapatan dan belanja. ·
Mengumpulkan
data tentang penyusunan
anggaran pendapatan dan belanja. ·
Mengolah
data tentang penyusunan
anggaran pendapatan dan belanja. ·
Mengomunikasikan
konsep penyusunan
anggaran pendapatan dan belanja. |
Pengetahuan : ·
Tes
tertulis ·
Penugasan Keterampilan : ·
Unjuk
kerja |
Komentar
Posting Komentar