RPP Pengantar Administrasi Perkantoran/ ADMUM

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan

:

SMK …….

Program Keahlian

:

Administrasi

Paket Keahlian

:

Administrasi Pekantoran

Kelas/Semester

:

 X /1

Mata Pelajaran

:

Pengantar administrasi Perkantoran

Materi Pembelajaran

:

KD 3.1 Menjelaskan paradigma dan filosofi administrasi perkantoran

KD 4.1 Mengevaluasi paradigma dan filosofi administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang terjadi sehari – hari

AlokasiWaktu

:

4x 2JP (@ 45 menit)

 

A.     Kompetensi Inti (KI)

1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.    Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B.     Kompetensi Dasar(KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.1.    Menjelaskan paradigma dan filosofi administrasi perkantoran

3.1.1  Pengertian kantor dan administrasi perkantoran dijelaskan

3.1.2  Unsur-unsur Administrasi disebutkan

3.1.3  Ruang lingkup Administrasi Perkantoran dijelaskan

3.1.4  Tujuan Administrasi Perkantoran dijelaskan

4.1     Mengevaluasi paradigma dan filosofi administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang terjadi sehari-hari

C.     Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan diskusi kelompok, mengamati dan membaca referensi dalam pembelajaran Hakikat Administrasi Perkantoran diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat/informasi, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :

1.    Menjelaskan pengertian kantor dan administrasi perkantoran

2.    Menguraikan unsur-unsur administrasi

3.    Mendeskripsikan ruang lingkup administrasi perkantoran

4.    Menyebutkan tujuan administrasi perkantoran

5.    Mengevaluasi paradigma dan filosofi administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang terjadi sehari-hari

 

D.     Materi Pembelajaran

1.       Pengertian kantor dan Administrasi perkantoran

Pengertian kantor dapat dibedakan menjadi dua pengertian lain, yaitu  kantor dalam arti dinamis dan kantor dalam arti statis.

a.    Kantor dalam arti dinamis merupakan proses penyelengaraan kegiatan pengumpulan  pencatatan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian/pengretribusian data/informasi . Dapat dikatakan sebagai kegiatan ketatausahaan , atau kegiatan dalam arti sempit

b. Kantor dalam arti statis bisa berarti  ruang kerja, kamar kerja, markas, biro, instalasi. Lembaga, jawatan, badan perusahaan, serta  tempat atau penyelengaraan  kegiatan 



DOWNLOAD

1. silahkan klik download untuk mengunduh file dengan lengkap

2. tunggu samapi 5 menit, lalu klik SKIP


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengadaan Sarana dan Prasarana

NORMA, STANDAR, PROSEDUR DAN KAIDAH KEARSIPAN

SURAT MASUK AGENDA DAN KARTU KENDALI