RPP Pengantar Administrasi Perkantoran/ ADMUM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan |
: |
SMK ……. |
Program Keahlian |
: |
Administrasi |
Paket Keahlian |
: |
Administrasi Pekantoran |
Kelas/Semester |
: |
X /1 |
Mata Pelajaran |
: |
Pengantar administrasi Perkantoran |
Materi Pembelajaran |
: |
KD 3.1 Menjelaskan
paradigma dan filosofi administrasi perkantoran KD 4.1 Mengevaluasi
paradigma dan filosofi administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang
terjadi sehari – hari |
AlokasiWaktu |
: |
4x 2JP (@
45 menit) |
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar(KD) dan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1. Menjelaskan paradigma dan filosofi
administrasi perkantoran
3.1.1 Pengertian kantor dan administrasi
perkantoran dijelaskan
3.1.2 Unsur-unsur Administrasi disebutkan
3.1.3 Ruang lingkup Administrasi Perkantoran
dijelaskan
3.1.4 Tujuan Administrasi Perkantoran dijelaskan
4.1
Mengevaluasi paradigma dan filosofi
administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang terjadi sehari-hari
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi kelompok, mengamati dan membaca referensi dalam
pembelajaran Hakikat Administrasi
Perkantoran diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat/informasi, menjawab pertanyaan, memberi saran
dan kritik, serta dapat :
1.
Menjelaskan pengertian kantor dan administrasi perkantoran
2.
Menguraikan unsur-unsur administrasi
3.
Mendeskripsikan ruang lingkup administrasi perkantoran
4.
Menyebutkan tujuan administrasi perkantoran
5.
Mengevaluasi paradigma dan filosofi
administrasi perkantoran untuk memecahkan masalah yang terjadi sehari-hari
D. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian kantor dan Administrasi perkantoran
Pengertian kantor dapat dibedakan menjadi dua pengertian lain,
yaitu kantor dalam arti dinamis dan
kantor dalam arti statis.
a. Kantor dalam arti dinamis merupakan proses penyelengaraan kegiatan pengumpulan pencatatan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian/pengretribusian data/informasi . Dapat dikatakan sebagai kegiatan ketatausahaan , atau kegiatan dalam arti sempit
b. Kantor dalam arti statis bisa berarti ruang kerja, kamar kerja, markas, biro, instalasi. Lembaga, jawatan, badan perusahaan, serta tempat atau penyelengaraan kegiatan
1. silahkan klik download untuk mengunduh file dengan lengkap
2. tunggu samapi 5 menit, lalu klik SKIP
Komentar
Posting Komentar