RPP KEPEGAWAIAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan |
: |
SMK |
Program Keahlian |
: |
Administrasi |
Paket Keahlian |
: |
Administrasi
Pekantoran |
Kelas/Semester |
: |
XI APK
/ 1 |
Mata Pelajaran |
: |
Administrasi Kepegawaian |
Materi
Pembelajaran |
: |
KD 3.3
Mengidentifikasi pangkat dan jabatan pegawai KD 4.3
Menunjukkan cara menetapkan pangkat dan jabatan pegawai |
Alokasi Waktu |
: |
5 x 5 JP
(@ 45 menit) |
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
3.3 Mengidentifikasi
pangkat dan jabatan
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
1. Mengidentifikasi pengertian
pangkat dan jabatan
2. Menerangkan pangkat dan jabatan
3. Mengemukakan pangkat dan jabatan
4. Menganalisis pangkat dan jabatan
4.3 Menunjukkan cara menetapkan pangkat dan
jabatan pegawai
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
1. Mengikuti arti pangkat dan
tingkat kepangkatan
2. Menerapkan kenaikan
pangkat
3. Menunjukkan cara menetapkan pangkat dan jabatan pegawai
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran siswa dapat melakukan inventarisasi sarana dan prasarana
dengan benar sesuai prosedur
·
Siswa
dapat mengidentifikasi pengertian pangkat dan jabatan dengan benar dan santun
·
Siswa
dapat menerangkan pangkat dan jabatan dengan jujur dan santun
·
Siswa
dapat mengemukakan pangkat dan jabatan dengan bertanggung jawab
·
Siswa
dapat menganalisis pangkat dan jabatan dengan disiplin dan jujur
·
Siswa
dapat mengikuti arti pangkat dan tingkat kepangkatan dengan benar dan santun
·
Siswa
dapat menerapkan kenaikan pangkat dengan jujur dan santun
·
Siswa
dapat menunjukkan cara menetapkan pangkat dan jabatan pegawai dengan
bertanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian pangkat dan jabatan
2.
Kenaikan
pangkat
3.
Pengangkatan
dalam pangkat
4.
Pengertian
Jabatan
5.
Pejabat
yang berwenang dalang jabatan tertentu
Komentar
Posting Komentar