RPP KEPEGAWAIAN

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan

:

SMK

Program Keahlian

:

Administrasi

Paket Keahlian

:

Administrasi Pekantoran

Kelas/Semester

:

 XI APK / 1

Mata Pelajaran

:

Administrasi Kepegawaian

Materi Pembelajaran

:

KD 3.3 Mengidentifikasi pangkat dan jabatan pegawai

KD 4.3 Menunjukkan cara menetapkan pangkat dan jabatan pegawai

Alokasi Waktu

:

5 x 5 JP (@ 45 menit)

 

A.   Kompetensi Inti (KI)

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

B.    Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

3.3   Mengidentifikasi pangkat dan jabatan

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.     Mengidentifikasi pengertian pangkat dan jabatan

2.     Menerangkan pangkat dan jabatan

3.     Mengemukakan pangkat dan jabatan

4.     Menganalisis pangkat dan jabatan

 

4.3   Menunjukkan cara menetapkan pangkat dan jabatan pegawai

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.      Mengikuti arti pangkat dan tingkat kepangkatan

2.      Menerapkan kenaikan pangkat

3.      Menunjukkan cara menetapkan pangkat dan jabatan pegawai

 

C.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa dapat melakukan inventarisasi sarana dan prasarana dengan benar sesuai prosedur

·           Siswa dapat mengidentifikasi pengertian pangkat dan jabatan dengan benar dan santun

·           Siswa dapat menerangkan pangkat dan jabatan dengan jujur dan santun

·           Siswa dapat mengemukakan pangkat dan jabatan dengan bertanggung jawab

·           Siswa dapat menganalisis pangkat dan jabatan dengan disiplin dan jujur

·           Siswa dapat mengikuti arti pangkat dan tingkat kepangkatan dengan benar dan santun

·           Siswa dapat menerapkan kenaikan pangkat dengan jujur dan santun

·           Siswa dapat menunjukkan cara menetapkan pangkat dan jabatan pegawai dengan bertanggung jawab

 

D.   Materi Pembelajaran

1.         Pengertian pangkat dan jabatan

2.         Kenaikan pangkat

3.         Pengangkatan dalam pangkat

4.         Pengertian Jabatan

5.         Pejabat yang berwenang dalang jabatan tertentu







DOWNLOAD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengadaan Sarana dan Prasarana

NORMA, STANDAR, PROSEDUR DAN KAIDAH KEARSIPAN

SURAT MASUK AGENDA DAN KARTU KENDALI